Salah satu dokumen yang harus disiapkan dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah keberadaan prosedur. Prosedur adalah uraian tentang langkah yang harus dilalui atau dilakukan seseorang untuk mencapai atau menghasilkan sesuatu. Urutan langkah tersebut menggambarkan adanya suatu proses yang berurutan, sistematis, logis, dan koheren. Keberadaan prosedur  atau Standar Operasional Prosedur (SOP) telah tersedia pada semua unit kerja di Itenas. Dokumen ini disusun dengan tujuan agar setiap pekerjaan bisa dilaksanakan dan memperoleh hasil kerja yang efektif dan lancar.

Hari Senin tanggal 4 September 2017, Lembaga Penjaminan Mutu Itenas melakukan kegiatan evaluasi terhadap prosedur untuk kegiatan akademik di Itenas di hotel Crown Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu beserta Wakil Kepala, dan juga para peer group dari setiap Program Studi.

Prosedur yang tersedia di Itenas terdiri atas prosedur  yang dimiliki oleh Biro, Lembaga, atau UPT misalnya : Prosedur Cuti, Prosedur Pertanggung jawaban Keuangan, Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru, Prosedur Beasiswa, Prosedur Peminjaman Buku, dan lain lain. Keberadaan prosedur cukup banyak karena setiap unit kerja telah mempunyai prosedur/SOP dalam melaksanakan kegiatannnya.